Senin, 07 November 2016

Seputar pertanyaan mengenai Kewirausahaan

TUGAS KEWIRAUSAHAAN
Nama : Chrisnawati Manik
NPM : 31413909
Kelas : 4ID01


Menjelaskan pengertian kewirausahaan dan pentingnya ilmu kewirausahaan bagi seorang wirausaha.
          Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha, dan diberi imbuhan ke -an. Wira dapat diartikan sebagai ksatria, pahlawan, pejuang atau gagah berani. Sedangkan usaha adalah bekerja atau melakukan sesuatu. Dapat diketahui bahwa pengertian kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah perilaku dinamis yang berani mengambil risiko serta kreatif dan berkembang. Sedangkan, pengertian wirausaha (entrepreneur) adalah seseorang yang tangguh melakukan sesuatu. Selain itu pengertian kewirausahaan adalah suatu proses dalam mencipakan sesuatu yang baru menggunakan waktu dan upaya yang diperlukan, dengan menanggung segala risiko yang akan ditimbulkan  baik dari risiko keuangan, fisik, serta resiko sosial dengan menerima imbal hasil dari usaha yang telah dijalankan.
          Berwirausaha tidaklah semudah yang dibayangkan. Dalam berwirausaha bukan hanya keuntungan yang akan didapat tetapi kerugian juga harus diperhitungkan. Bagi yang ingin berwirausaha, wajib mengetahui dan mempelajari ilmu yang khusus terlebih dahulu. Dengan modal dasar pengetahuan, maka dapat mengetahui bagaimana cara berwirausaha yang baik dan benar. Seorang wirausaha harus memiliki pengetahuan khusus terkait dengan bisnis yang akan dijalankan.
Bekal kewirausahaan berupa pengetahuan yang perlu dimiliki untuk setiap orang yang ingin menjadi wirausahawan. Beberapa bekal pengetahuan yang harus dimiliki wirausaha yaitu sebagai berikut.
1.  Bekal pengetahuan bidang mengenai usaha yang dirintis dan lingkungan usaha yang ada di sekitarnya.
2.  Bekal pengetahuan tentang peran dan tanggung jawab.
3.  Pengetahuan tentang kepribadian dan kemampuan diri.
4.  Pengetahuan tentang manajemen dan organisasi bisnis.

Motivasi seseorang untuk melakukan wirausaha
          Perlu diketahui bahwa menjadi seorang wirausahawan sangatlah menguntungkan. Tetapi banyak orang yang masih belum terjun menjadi seorang wirausahawan dikarenakan beberapa hal. Salah satunya kurangnya modal dan kurangnya keberanian seseorang dalam menghadapi risiko yang akan ditimbulkan kelak. Tetapi hal tersebut harusnya tidak menjadi penghalang buat orang yang benar-benar ingin maju dan sungguh-sungguh menekuni usaha yang akan dijalankan. Terdapat hal yang memotivasi sesorang untuk menjadi wirausahawan yaitu banyaknya peluang mencapai tujuan yang dikehendakinya dengan meluangkan segala pikiran dan rancangan sendiri, dengan berwirausaha maka dapat memperoleh laba yang maksimal, dapat membantu masyarakat dengan memberi pekerjaan, dapat membahagiakan orangtua.

Hambatan seseorang untuk menjadi wirausahawan
          Bagi orang yang ingin memulai menjadi wirausahawan, masih banyak hambatan atau kendala yang dihadapi para wirausaha terutama wirausaha muda yang baru memulai usahanya. Terdapat dua hambatan untuk mejadi wirausaha secara umum yaitu hambatan internal dan hambatan external.
          Hambatan internal adalah hambatan yang ada di dalam diri para wirausaha itu sendiri. Hambatan tersebut terdiri dari hambatan pikiran, hambatan hati dan hambatan spiritual serta hambatan perilaku sang wirausaha itu sendiri. Hambatan-hambatan tersebut dapat dikurangi ataupun dihilangkan. Cara yang perlu dilakukan ialah dengan cara mengikuti berbagai seminar, training atau pendidikan yang memberikan bantuan dan stratrgi dalam mengatasi hambatan internal ini.
          Hambatan yang kedua yaitu hambatan external. Hambatan ini berasal dari luar diri wirausaha muda. Biasanya para wirausahawan muda Indonesia mendapatkan hambatan dari lingkungan keluarga yang masih beranggapan bahwa wirausaha berisiko dibandingkan menjadi peganwai. Secara fakta, dapat kita ketahui bahwa rata-rata orangtua atau keluarga menginginkan anaknya untuk bersekolah tinggi maupun menjadi pegawai baik swasta maupun negeri. Hal ini merupakan salah satu hambatan yang dialami oleh seseorang yang ingin berwirausaha.

Peluang usaha yang dapat dibangun di lingkungan sekitar (kampus/ tempat tinggal)
          Hal yang perlu dilihat dalam membangun sebuah tempat usaha adalah lokasi. Perlu menentukan lokasi yang tepat maka peluang unutk sukses semakin besar. Peluang usaha yang dibahas disini yaitu peluang usaha disekitar kampus. Cermati terlebih dulu beberapa ragam jenis bisnis yang cocok dan menguntungkan bila didirikan di seputaran kampus. Kuncinya adalah bisnis yang mampu memenuhi segala kebutuhan para mahasiswa dan berbagai keperluan untuk kegiatan kampus. Berikut adalah jenis usaha yang cocok di bangun di dekat kampus.
1.        Usaha kafe
       Kafe merupakan tempat yang sering sekali dikunjungi oleh para kaum muda termasuk mahasiswa. Ketika break, kafe menjadi pilihan tempat yang nyaman bagi mahasiswa untuk melepas penat, ngumpul bareng teman, beriskusi membahas tugas, dan banyak lainnya. Jika ingin membuka usaha kafe maka sediakan menu-menu yang kreatif, fasilitas free wifi yang lumayan cepat serta harga yang terjangkau.
2.        Usaha percetakan
       Jenis usaha ini sangat membawa keuntungan. Keperluan mahasiswa akan fotokopi, penjilidan dan print tugas  dapat dikatakan sebagai kebutuhan primer.
3.        Kos-kosan
       Kebutuhan tempat tinggal bagi para mahasiswa yang berasal dari luar daerah merupakan celah bisnis yang cukup potensial. Apabila dirumah ada kamar kosong dapat dijadikan usaha untuk disewakan atau jika punya modal yang cukup memadai dapat membangun rumah kos dengan ukuran kamar yang wajar (tidak terlalu kecil) serta fasilitas sesuai dengan harga yang akan ditetapkan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar