Kamis, 26 Desember 2013

Adat Istiadat Suku Dayak ( Upacara Tiwah )



Suku Dayak adalah suku asli Kalimantan yang hidup berkelompok yang tinggal di pedalaman, di gunung, dan sebagainya. Kata Dayak itu sendiri sebenarnya diberikan oleh orang-orang Melayu yang datang ke Kalimantan. Orang-orang Dayak sendiri sebenarnya keberatan memakai nama Dayak, sebab lebih diartikan agak negatif. Padahal, semboyan orang Dayak adalah “Menteng Ueh Mamut”, yang berarti seseorang yang memiliki kekuatan gagah berani, serta tidak kenal menyerah atau pantang mundur. Adat istiadat suku dayak hingga kini masih dapat kita jumpai yang masih melekat kuat di wilayah tempat mereka tinggal.

Upacara Tiwah

Salah satu upacara adat yang biasa dilakukan oleh suku dayak yaitu upacara tiwah. Bagi suku dayak, tiwah adalah mengantarkan roh sanak saudara suku dayak yang sudah meninggal dunia ke alam baka. Pemindahan ditujukan dengan bertujuan mensucikan sisa jasad dari liang kubur menuju ke sandung yang sudah dibuat. Sisa jasad berupa tulang-tulang orang yang sudah meninggal dunia dibawa menuju sebuah rumah kecil yang disebut dengan sandung. Namun sebelum peletakkan tulang-tulang orang yang sudah meninggal di sandung ada tahapan awal yang harus dilakukan. Acara-acara ritual dengan tarian yang diiringi alat musik gong dan acara hiburan lainnya terlebih dahulu dilaksanakan.

Bagi suku dayak, upacara tiwah merupakan upacara yang sangat sakral terutama bagi masyarakat suku dayak yang bertempat tinggal di daerah Kalimantan Tengah. Lebih jelasnya, suku dayak yang menganut agama leluhur yaitu agama Kaharingan. Upacara tiwah meluruskan perjalanan arwah yang meninggal menuju Lewu Tatau dalam bahasa Sangiang berarti surga agar memperoleh ketentraman dan kedamaian.

Selain itu, upacara tiwah dianggap sangat penting bagi anggota keluarga yang masih hidup di dunia. Melalui upcara tiwah diharapkan anggota keluarga yang ditinggalkan dapat terhindar dari kesialan akibat pengaruh buruk rutas. Hal ini berarti bahwa upacara tiwah membawa kedamaian dan ketentraman bagi anggota keluarga yang hidup.

 Upacara tiwah salah satu kegiatan adat istiadat suku dayak yang unik dan punya daya tarik tersendiri kapada para turis mancanegara maupun dosmetik. Indonesia pun patut berbangga atas adat istiadat yang sudah lama ada yang dapat menambah kekayaan dari keanekaragaman budaya di indonesia. Oleh karena itu, kita patut menjaga serta melestarikannya.


Referensi :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar