Minggu, 06 Oktober 2013

Budaya Toraja atau Adu Kerbau



  
Suku Toraja merupakan suku yang menetap di pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan , Indonesia. Suku Toraja memiliki berbagai macam acara dengan melakukan berbagai tarian yang kebanyakan dalam upacara penguburan. Salah satunya adalah acara adu kerbau. Tana Toraja merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Sulawesi Selatan yang mempunyai keaneka ragaman budaya yang cukup banyak. Salah satu yang menjadi daya tarik wisatawan adalah Mapasilaga Tedong, adu kerbau khas Toraja.

Adu kerbau (Mapasilaga Tedong) biasanya diselenggarakan dalam satu rangkaian dengan upacara Adat Rambu Solo, yaitu upacara pemakaman leluhur yang telah meninggal beberapa tahun sebelumnya. Dalam adat masyarakat Toraja, Kerbau merupakan hewan yang dianggap suci, begitu pula dalam acara ini kerbau yang diadu bukanlah kerbau sembarangan tetapi merupakan kerbau aduan (pilihan) yang biasanya diambil dari jenis kerbau bule (tedong bunga)atau kerbau albino.

Acara adu kerbau ini merupakan acara rutin yang biasa dilakukan para penduduk. Karena hal ini tergantung kepada acara Adat Rambo Solo yang pelaksanaannya mengikuti permintaan dari keluarga yang leluhurnya yang sudah meninggal. Kerbau yang sering menang dalam adu kerbau harganya setara dengan harga mobil.

sumber : http://kamianaktoraja.blogspot.com/2013/06/adu-kerbau-tana-toraja.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar